Di market reminder kali ini saya akan membahas mengenai industri CPO (Crude Palm Oil) yang kebetulan menguasai market cap pada industri AGRI karena beberapa minggu ini mengalami penguatan yang cukup tinggi berdasarkan chart industri AGRI. Setelah itu saya melihat potensi dari saham-saham didalam industri CPO ini seperti saham AALI, LSIP, SSMS, SIMP dan BWPT.

Sebelum saya melanjutkan, anda bisa mengikuti segala update tentang blog saya, saham-saham watchlist, atau catatan trading dan investing saya pada channel telegram saya @MoerdoSaham (https://t.me/MoerdoSaham).

OK saya lanjutkan…

Saya tiba-tiba tertarik dengan pergerakkan industri AGRI pada awalnya ketika saya sedang memperhatikan dan memonitor IHSG dan sektor-sektor lainnya. Seperti yang kita ketahui didalam industri AGRI ini, market cap saham-saham yang paling besar adalah saham-saham yang mempunyai basis businessnya adalah CPO.
Kemudian ketika saya melihat saham-saham CPO ternyata banyak yang menarik juga. Oh ya, saya melihat dari sisi Technical Analysisnya yah.

Mari kita mulai dari chart AGRI.

Chart Industri AGRI

Pergerakkan harga pada index industri AGRI ini terlihat cukup menarik, karena beberapa minggu ini harga bergerak menguat cukup tinggi karena index meresponse level support 1415 – 1420; Setelah itu index bergerak cukup kencang naiknya.

Setelah dilihat lebih lanjut ternyata selain bergerak tinggi, index nampaknya membentuk chart pattern. Jelasnya bisa dilihat pada chart ini

Terlihat chart sedang membentuk chart patter inverted Head and Shoulder. Index bertemu dengan level resistance yang cukup kuat di level 1575 dan bereaksi membuat chart pattern tersebut. Bisa dikatakan level 1575 ini sebagai level resistance kuatnya.

Jika memang harga tembus level resistanec 1575 dan juga neckline dari calon chart pattern inverted Head and Shoulder ini, maka otomatis pergerakkan index akan mengkonfirmasikan pattern inverted Head and Shoulder ini. Jika tembus dan terkonfirmasi chart patter ini, maka index juga menembus trendline downtrend yang berfungsi sebagai ressitance dan pattern ini memiliki tujuan berikutnya disekitaran 1810 – 1840.

Calon chart pattern ini bisa dilihat pada chart berikut.

Untuk saat ini sangat menarik karena selain harga sedang berusaha menembus neckline, volume transaksi berangsur-sangsur meningkat. Ini bisa dikatakan ada tanda-tanda usaha dari pelaku pasar untuk menembus neckline pattern dan juga multi resistance (horizontal resistance pada 1575 dan downline trendline resistance.

Pergerakkan index ini sangat menarik, kemudian saya melihat beberapa chart dari saham-saham lainnya seperti AALI, LSIP, SSMS, SIMP dan BWPT. Seluruh saham tersebut memiliki pergerakkan harga yang menarik dan cenderung sama dengan index. Mari kita lihat satu persatu.

Saham AALI: Bersiap-siap Untuk Terbang?

Dalam beberapa minggu ini saham AALI juga bergerak naik cukup tinggi dan membentuk chart pattern (tapi belum terkonfirmasi). Jika dilihat lebih lanjut pergerakkan harga pada saham AALI ini hampir sama dengan industri AGRI dimana saat ini harga sedang membentuk chart pattern yang sepertinya membentuk pattern inverted Head and Shoulder juga.

Bisa dilihat pada chart berikut…

Harga saat ini sedang bergerak sekitaran level 13000 – 13500. Jika harga berhasil meninggalkan 13500 maka harga menembus neckline dan mengkonfirmasikan chart pattern inverted head and shoulder.

Tujuan pergerakkan harga dari pattern ini jika terkonfirmasi maka harga diperkirakan akan bergerak menuju level 15500 – 16000. Sehingga dan harga diperkirakan juga akan menembus downtrend trendline sebagai resistancenya, sama dengan chart pada industri AGRI yang dijelaskan diatas.

Detailnya dapat dilihat pada chart berikut

Volume transaksi pun juga sama dengan industri AGRI dimana volume transaksi cenderung bergerak meningkat.

Action apa yang bisa dilakukan oleh trader dan investor?
Menunggu harga menembus level neckline pada level sekitaran 13400. Jika level neckline tertembus maka harga akan bergerak semakin meningkat lagi dan bisa menjebol level resistance yang terbentuk oleh downtrend trendline.

OK… sekarang mari kita melihat chart dari saham-saham lainnya…

Saham LSIP: Mau Terbang Juga?

Pergerakkan harga pada saham LSIP ini ternyata mirip juga dengan pergerakkan index industri AGRI dimana harga saat ini sedang bergerak dalam proses membentuk chart pattern inverted head and shoulder (belum terkonfirmasi).

Berdasarkan pergerakkan harga pada chart terlihat jika harga menembus level neckline, maka chart pattern inverted head and shoulder terkonfirmasi dan juga harga menembus downtrend trendline.

Bisa dilihat pergerakkan harganya pada chart berikut

Jika memang chart patter tersebut terkonfirmasi, maka harga akan bergerak lebih menguat lagi dan diprediksi target atau tujuannya adalah disekitaran level 1750 – 1800. Dari sisi volume transaksi juga sama dengan pergerakkan index industri AGRI dimana semakin meningkat terutama pada saat harga bergerak membentuk pola right shoulder.

Detailnya dapat dilihat pada chart berikut…

Apa yang bisa dilakukan oleh trader dan investor? 
Saat ini trader dan investor bisa menunggu harga menjebol level ressitance dan juga neckline pada level 1330 – 1350. Jika tertembus dengan volume tinggi selain mengkonfirmasikan chart pattern, harga juga mengkonfirmasikan perubahan trend pada saham LSIP ini.

OK… kita sudah mengetahui saham AALI dan saham LSIP yang berpotensi menguat dan layak untuk ditunggu saat ini; mari kita lihat saham-saham CPO lainnya.

Saham SSMS: Ada Potensi Terbang Akan Tetapi Tidak Begitu Tinggi

Pergerakkan harga di saham ini memiliki potensi yang cukup tinggi untuk bergerak menguat, akan tetapi penguatannya, menurut saya, masih tidak begitu tinggi dibandingkan dengan saham AALI dan LSIP.

Saat ini harga berada di sekitaran resistance level 1320. Jika tertembus maka berpotensi harga bergerak menuju level 1500 – 1550 karena harga saham akan bereaksi dengan level resistance daripada downtrend trendline yang terjadi.

Berikut adalah chartnya

Harga saat ini masih bergerak dalam trend channel turun, akan tetapi perlawanan dari buyer sudah mulai sengit. Walaupun begitu masih harus berhati-hati. Volume transaksi juga berangsur2 meningkat akan tetapi peningkatannya masih belum terlalu terlihat.

Detailnya dapat dilihat pada chart berikut.

Apa yang dilakukan oleh trander dan investor untuk saham SSMS ini?
Menurut saya yang terbaik untuk dilakukan untuk saat ini adalah wait and see dulu. Walaupun begitu, saya masih percaya bahwa harga akan bergerak menguat akan tetapi penguatannya terpengaruh semata-mata karena pergerakkan index industri AGRI. Jika anda adalah short term trader atau day trader bisa saja mengikutinya dengan menunggu harga menembus level 1365 dengan volume tinggi.

Saham SIMP: Sangat Menarik…

Saya katakan disini sangat menarik karena di saham SIMP ini, harga bergerak dalam proses membentuk multiple chart pattern dimana pada pergerakkan pendeknya harga hendak membentuk chart pattern inverted Head and Shoulder, sedangkan di pergerakkan jangka panjangnya harga membentuk chart pattern inverted head and shoulder juga.

Chart pattern jangka panjang ini jika terkonfirmasi bisa memiliki tujuan ke level 1000-an.

Ayo kita liat chartnya berikut…

yang sedang dalam proses pembentukkan saat ini yang terdekat dengan harga saat ini adalah chart pattern inverted Head and Shoulder yang kecil dimana jika terkonfirmasi harga menembus neckline pada level sekitaran 560, maka ada kemungkinan harga akan bergerak menguat menuju level resistance cukup kuat di 660.

Dari volume transaksi dimana pada saat harga yang saat ini membentuk right shoulder, volume transaksi meningkat. Hal ini mengindikasikan chart pattern ini akan terkonfirmasi.

Berikut detailnya

Apa yang harus dilakukan oleh trader dan investor?
Bisa menunggu harga menembus level 560 terlebih dahulu baru bisa buy atau nyicil karena ada potensi untuk harga bergerak lebih tinggi lagi.

Saham BWPT: Ngebentuk Chart Pattern juga… mau terbang?

Saham BWPT ini menarik juga. walaupun begitu ini untuk jangka pendek saja. Jika saya lihat secara jangka menengah dan panjang, saham BWPT ini agak kurang bagus karena belum ada tanda-tanda pattern akan terbentuk atau pergantian trend.

Jangka panjang harga masih bergerak sideways yang cukup besar dan masih belum jelas bisa diperkirakan untuk pergerakkannya. Perkiraan saya harga akan bergerak menuju level sekitaran 314 – 320.

Jangka pendek, harga saat ini sedang bergerak yang nampaknya sedang membuat chart pattern inverted Head and shoulder juga. Jika harga menembus level 240 – 242 yang juga sebagai level neckline daripada chart pattern ini, maka harga mengkonfirmasi pattern tersebut dan ada potensi harga untuk bergerak menuju level 314 – 316. Ini cenderung cocok dengan perkiraan dari harga pada jangka menengah dan panjang yang saya jelaskan sebelumnya.

Berikut detailnya

Apa yang harus dilakukan oleh trader dan investor?
Trader dan investor bisa tunggu harga menembus level 240 – 242 untuk bisa mengambil tujuan ke level 314 – 316.

KESIMPULAN

Dari saham-saham didalam industri AGRI ini sangat menarik baik bagi trader maupun investors, karena ada potensi untuk rebound dan berganti trend untuk trand jangka menengah dan panjangnya. Untuk jangka pendek sudah pasti sangat menarik karena momentum naiknya masih ada dan cukup untuk mendorong harga menembus level resistance.

Bagi saya pribadi, yang paling menarik untuk trading atau investing jangka menengah dan panjang adalah saham AALI, LSIP dan SIMP. Karena ketiga saham ini secara pergerakkan harga mendukung untuk pergantian trend dan berpotensi rebound. Jika industri AGRI ini rebound maka ketiga saham ini akan rebound juga; dan menurut hemat saya, ini adalah moment CPO industri akan rebound jika berdasarkan analisa pergerakkan harganya.

Demikian yang dapat disampaikan untuk market reminder series yang selalu saya utarakan dan sampaikan jika saya menemukan sesuatu yang menarik.

Semoga trading dan investing journey kita berakhir dengan profit.

Amin…