UDPATE: Untuk review dari analisa ini saya tulis disini… Intinya USD masih menguat terus dan GBP masih melemah… 🙂 Good Luck… 

Mengacu kepada pergerakkan beberapa pair USD minggu lalu, terlihat bahwa USD menguat terus. Saya ucapkan selamat kepada anda yang telah profit di minggu lalu dari seluruh pair USD.

Bagi anda yang masih loss atau bahkan MC, tetap semangat, dan bisa menjadikan hal ini sebagai pelajaran yang sangat berharga bagi anda.

Saya disini akan mencoba untuk menganalisa pergerakkan harga di timeframe daily (D1) untuk seminggu ke depan (30 April – 4 May 2018).

Sebelum saya menyimpulkan, saya akan mencoba melihat pair utama dari pair USD, JPY, GOLD, EUR, dan GBP. Berikut adalah analisa saya.

Analisa Mingguan USD Index

Dari chart USD index diatas terlihat bahwa harga menembus double bottom dan juga menembus trendline percepatan downtrend, sehingga probabilitas harga untuk bergerak lebih naik lagi masih cukup tinggi, paling tidak menguji resistance 93.245 yang juga resistance dari trendline down nya.

Walaupun ada probabilitas naik, harga akan turun dulu menguji level support minor yang juga neckline daripada double bottom.

Dari peta kekuatan USD ini, maka dapat disimpulkan satu minggu depan sepertinya USD masih menguat. Mengingat di minggu depan ada NFP, maka perlu diperhatikan jika sebelum NFP hargas sudah mencapai resistance 93.245, ada kemungkinan harga akan bergerak melemah karena resistance ini adalah resistance yang sangat kuat.

Analisa Mingguan Pair EUR/USD

Dari chart diatas terlihat bahwa harga saat ini mencoba memantul dari support dan mencoba untuk rebound setelah 4 hari sebelumnya selalu bergerak turun.

Oleh karena itu, perkiraan saya untuk minggu depan ada kemungkinan harga akan bergerak menguat terlebih dahulu, akan tetapi pergerakkannya cukup terbatas karena harga diperkirakan akan menguji resistance yang cukup kuat, ditambah lagi ada neckline daripada head n shoulder diatas. Sehingga setelah menguji level resistance tersebut, harga akan bergerak melemah kembali.

KESIMPULAN untuk Pair EUR/USD:
kita bisa menggunakan strategy yang mengutamakan sideways sampai dengan level resistance. Jika untuk swing trading, sepertinya para trader bisa menunggu untuk short sell di level resistance.
Pair ini sejalan dengan peta kekuatan USD yang tercermin dari USD Index.

Analisa Mingguan Pair USD/JPY

Dari chart diatas terlihat harga sudah bergerak terlalu jauh dari neckline pattern rounded bottom sehingga ada kemungkinan harga akan bergerak turun untuk menguji support area dan juga neckline; dan setelah itu akan bergerak menguat kembali menuju level 110.421.

Kesimpulan Pair USD/JPY
Kita bisa menerapkan strategy trading untuk sell USD/JPY akan tetapi wajib waspada di sekitaran level 107.5x – 108.xx, karena ada kemungkinan harga akan memantul disekitaran level tersebut
Pair ini masih sejalan dengan peta pergerakkan USD Index.

Analisa Mingguan Pair GBP/USD

Diperkirakan pada awal minggu, harga akan mencoba menguat untuk menguji level trendline yang juga menjadikan level resistancenya. Setelah itu diperkirakan harga akan bergerak melemah kembali menuju level support berikutnya di 1.3586x

Kesimpulan Pair GBP/USD
Kita bisa menerapkan strategy sell swing ketika harga bergerak merangkak naik. Sebaiknya tidak menerapkan strategy untuk long (buy) karena range naiknya juga terlalu sempit; lebih baik menunggu untuk swing short sell.
Pair ini sesuai juga dengan peta pergerakkan USD Index.

Analisa Mingguan Pair XAU/USD

Dari chart terlihat harga tertahan oleh support yang berasal dari trendline up. Walaupun begitu karena momentum dan trend turunnya masih sangat kuat maka ada kemungkinan harga akan bergerak terbatas disekitaran area support trendline ini.

Kesimpulan Pair XAU/USD
Bisa menerapkan strategy untuk short sell swing di pair ini ketika harga bergerak menembus area sideways yang diperkirakan akan terbentuk di area support trendline. Untuk strategy buy sangat beresiko karena jika memang naik, harga harus menjebol trendline down lalu membentuk konsolidasi area terlebih dahulu.
Pair ini masih sesuai dengan peta USD Index.

Analisa Mingguan Pair AUD/USD

Dari chart terlihat harga bergerak mulai terbatas setelah minggu lalu bergerak melemah cukup tinggi. Diperkirakan harga akan bergerak terbatas atau menguat sedikit menguji level resistance minornya. Kemudian setelah itu masih akan bergerak melemah kembali menuju level support sekitaran level 0.7471x.

Kesimpulan Pair AUD/USD
Pergerakkan harga di pair ini diperkirakan sama dengan USD Index dimana USD akan cenderung menguat. Strategy trading yang digunakan adalah strategy short sell guna mengantisipasi harga yang masih memiliki trend dan momentum melemah.

Analisa Mingguan Pair EUR/JPY

Dari chart terlihat harga di timeframe daily sudah menembus trendline up yang mengindikasikan harga masuk ke fase sideways atau konsolidasi. Jika harga menembus high baru, maka pattern double bottom masih valid, akan tetapi jika ternyata harga bergerak melemah di minggu ini maka harga akan bergerak semakin melemah dan double bottom pattern bisa dikatakan gagal atau failed.

Kesimpulan Pair EUR/JPY
Kesimpulan akhir yang didapatkan dari pair ini adalah harga di minggu ini masih akan bergerak sideways. Namun bisa di monitor, jika harga menembus low swing yang terakhir maka bisa diikuti dengan mengimplementasikan strategy short sell. Sebelum itu terbentuk, wait and see.

Analisa Mingguan Pair GBP/JPY

Dari chart terlihat harga menembus support mayor dan juga trendline yang sebagai neckline dari head n shoulder pattern. Jadi ada kemungkinan harga masih akan bergerak melemah untuk satu minggu ke depan. Tujuannya adalah level 147.543.

Kesimpulan Pair GBP/JPY
Harga bisa diikuti ketika harga menguji resistance. ini adalah kesempatan untuk menggunakan strategy short sell yang agak panjang.Kesempatan buy masih sangat besar untuk pair ini.

Analisa Mingguan Pair EUR/GBP

Analisa di pair ini untuk melihat bagaimana kekuatan currency dari kedua negara ini, apakah EUR atau GBP yang melemah. Jika EUR cenderung melemah terhadap GBP, atau sebaliknya, maka ada kecenderungan EUR atau GBP terhadap pair USD dan JPY akan bergerak melemah atau menguat juga.

Dari chart diatas terlihat terbentuk chart pattern inverted Head And Shoulder dimana ada kecenderungan harga akan bergerak semakin menguat untuk lepas dari area konsolidasinya. Tujuan penguatannya adalah di resistance sekitar 0.89600 dimana level ini adalah level target dari chart pattern head and shoulder juga.

Kesimpulan Pair EUR/GBP
Terlihat EUR demand lebih dominan dibandingkan dengan GBP, sehingga diperkirakan GBP di satu minggu kedepan diperkirakan akan bergerak melemah dibandingkan dengan currency lainnya seperti GBP/USD dan GBP/JPY.

Kesimpulan Akhir Analisa Mingguan Forex (30 April – 4 May 2018)

Dari beberapa analisa pair umum, pair cross, Gold dan currency EUR dan GBP, maka dapat disimpulkan bahwa untuk satu minggu kedepan USD masih akan menguat walaupun ada koreksi di awal minggu, begitu juga dengan JPY. Kemudian currency GBP masih paling yang terlemah.
Gold (XAU) diperkirakan masih akan melemah dibandingkan dengan USD.

Oleh karena itu, saya memilih pair yang layak ditradingkan adalah pair GBP/JPY, EUR/USD, GBP/USD. Dan mungkin beberapa pair lain yang menembus low atau high baru sesuai dengan yang dianalisa diatas.

Demikian analisa dari view saya untuk satu minggu ke depan. Tetep disclaimer ON dimana saya tidak bertanggung jawab atas keputusan trading anda. Keputusan trading untuk long buy atau short sell tetap di tangan anda. Saya disini hanya untuk memberikan view analisa pergerakkan untuk satu minggu kedepan (30 April – 4 May 2018).

Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung menghubungi saya di telegram (ID: @moerdo) atau bisa komen dibawah.

Good luck…