Semangat pagii…

Semoga anda tetap semangat. Sebelum saya membahas analisa forex mingguan 14 – 18 May 2018, saya ingin mengucapkan kepada anda yang mendulang profit atau cuan di minggu lalu dimana USD berhasil menguat kembali. Bisa dipastikan bagi anda yang menjalankan strategy trend trading dan sideways trading bisa mendulang profit besar minggu lalu :).

Sebagai sharing saja, Alhamdulillah saya bisa mendulang profit walaupun tidak begitu besar karena ternyata ada beberapa perkiraan saya yang sedikit meleset terutama terhadap currency EUR dan GBP pada akhir akhir minggu, sehingga menyebabkan hasil trading yang saya lakukan tidak maksimal.

Saya harapkan anda tetap semangat dan tetap manage risk dan money management trading anda…

Pergerakkan market pada minggu lalu akan saya sampaikan pada review per pair yang kemudian dilanjutkan dengan mapping pergerakkan dan prediksi market untuk satu minggu ke depan.

Seperti biasa saya akan mulai dengan USD Index yang dilanjutkan ke pair-pair utama dan diakhir dengan kesimpulan analisa saya untuk satu minggu ke depan beserta dengan pair pilihan saya yang akan saya tradingkan.

Analisa Mingguan USD Index

Sebagai review dari analisa dan prediksi saya minggu lalu, ternyata scenario 2 yang terpilih dimana USD terus menguat dan pada akhirnya menyentuh resistance dan juga tujuan daripada target double bottom yang terjadi.

USD Index saat ini terlihat mulai “kelelahan” hal ini terlihat dari adanya response harga ketika menyentuh level resistance tersebut; sehingga untuk satu minggu ke depan ada dua scenario kemungkinan yang akan terjadi, yakni:

  1. Harga bergerak di range yang cukup luas yakni sekitar 93.64 – 92.73
  2. Harga tidak sempat bergerak di range terbatas ini, melainkan harga akan bergerak menguat menuju resistance 95.0

Dari kedua scenario ini maka kemungkinan yang akan terjadi adalah scenario 1 hal ini dikarenakan harga mulai menunjukkan “kelelahan” ketika menyentuh resistance dan juga target dari double bottom yang terjadi sebelum-sebelumnya. Dan bisa dikatakan secara general bahwa USD akan mengalami pelemahan dan bergerak terbatas.

Analisa Mingguan Pair USDJPY

Sebagai review analisa saya minggu lalu, pergerakkan harga minggu lalu sesuai dengan analisa dan prediksi saya minggu lalu dimana harga akan menguat dan menguji level resistance dan mencapai target pattern rounded bottom. Harga juga bereaksi terhadap level resistance ini dimana harga membentuk pattern doji dengan wick panjang atau yang bisa dikenal sebagai pinbar.

Untuk satu minggu ke depan ada dua scenario yang akan terjadi sebagai response harga menyentuh level resistance ini, yakni:

  1. Harga bergerak terbatas di sekitaran level 111.00 dan 110.421
  2. Harga bergerak melemah dan menguji support level 108.716

Dari price action yang terjadi maka scenario yang paling memungkinkan adalah scenario 2 dikarenakan kekuatan harga sudah mulai melemah yang ditunjukkan dengan pola candlestick doji dan juga response harga ketika menyentuh level resistance.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair USDJPY
Saya pribadi menganalisa pair USDJPY ini untuk mengetahui kekuatan dari currency JPY dan terlihat dari chart ada kemungkinan currency JPY ini melemah terhadap USD. Hal ini selaras juga dengan usd index. Sehingga menurut hemat saya pair yang berhubungan dengan pair JPY akan cenderung melemah.

Analisa Mingguan Pair EURGBP

Sebagai review analisa dan prediksi saya terhadap pair EURGBP dan pergerakkan harga minggu lalu, terlihat bahwa prediksi saya meleset dimana di minggu lalu saya memprediksi currency EUR akan melemah dan GBP akan menguat. Harga ternyata currency GBP menguat sehingga pair EURGBP bergerak melemah break trendline uptrend yang sekaligus juga membatalkan pattern inverted head and shoulder yang terbentuk dari bulan April – May 2018.

Saya menganalisa pair ini untuk melihat kekuatan currency EUR dan GBP untuk satu minggu ke depan sehingga membantu saya untuk memilih pair untuk ditradingkan satu minggu kedepan.

Saat ini harga sedang membentuk chart pattern yang dicurigai akan membentuk chart pattern double top; sehingga untuk satu minggu ke depan ada dua scenario kemungkinan yang akan terjadi, yaitu:

  1. Harga bergerak terbatas di sekitaran level 0.87289 sebelum akhirnya bergerak melemah kembali menuju support 0.86866
  2. Harga bergerak langsung melemah menuju level 0.86866 dan bahkan bisa saja menyentuh level support di 86280 jika memang pergerakkannya akan extreme.

Dari kedua scenario diatas yang paling memungkinkan adalah scenario 1 dimana harga akan bergerak terbatas yang kemudian akan bergerak melemah menuju support di level 0.86866.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair EURGBP
Saya pribadi melihat currency GBP akan mengalami penguatan untuk satu minggu kedepan, sehingga saya berkesimpulan bahwa ada kemungkinan untuk satu minggu kedepan pair yang berhubungan dengan currency EUR akan mengalami pelemahan walaupun di awal-awal minggu mungkin akan mengalami penguatan atau bergerak terbatas di timeframe daily (D1).

Analisa Mingguan Pair EURUSD

Sebagai review dari analisa saya minggu lalu untuk pair EURUSD ini, ternyata market sesuai dengan pergerakkan market yakni EURUSD melemah walaupun sempat menguat untuk menguji level resistance area nya.

Untuk satu minggu kedepan, ada dua scenario kemungkinan harga akan bergerak, yakni:

  1. Harga bergerak di sekitar support area 1.18270 – 1.17506
  2. Harga bergerak di sekitar support area yang terus kemudian menguat menguji level resistance di level 1.19322 – 1.19625

Dari kedua scenario diatas yang paling memungkinkan adalah scenario dua untuk satu minggu kedepan. Hal ini karena harga mulai bereaksi di support area dan ada kemungkinan untuk menguji resistance area. Resistance area ini bisa dikatakan sebagai resistance cukup kuat yang juga neckline dari pattern rounded top.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair EURUSD
Saya pribadi akan memilih pair EURUSD dengan mengimplementasikan strategy trading sideways. strategi ini akan diimplementasikan di timeframe rendah dengan mengambil take profit tidak panjang akan tetapi cukup untuk mendapatkan profit sambil membaca price action kedepannya.

Analisa Mingguan Pair GBPUSD

Sebagai review dari analisa saya minggu lalu, ternyata pair GBPUSD ini masih bergerak terbatas di sekitaran level support dan prediksi saya sedikit meleset.

Kemudian untuk satu minggu ke depan saya membuat dua scenario pergerakkan untuk satu minggu ke depan, yakni

  1. Harga akan bergerak terbatas di sekitaran support area 1.35232
  2. Harga akan bergerak langsung melemah menuju level 1.33070

Dari kedua scenario ini maka scenario yang paling memungkinkan adalah scenario 1 dimana ada kemungkinan GBPUSD akan bergerak terbatas sebelum pair ini akan bergerak melemah.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair GBPUSD
Saya pribadi akan wait and see, jika memang ada indikasi momentum yang meningkat untuk bergerak melemah, maka saya bisa memilih pair GBPUSD ini sebagai pilihan saya untuk satu minggu ke depan.

Analisa Mingguan Pair AUDUSD

Sebagai review analisa saya minggu lalu, pergerakkan market pair AUDUSD ini sesuai dengan prediksi saya, yakni harga mengalami pelemahan akan tetapi terbatas di range area konsolidasinya.

Untuk satu minggu ke depan, saya membuat dua scenario lagi, yakni:

  1. Harga masih bergerak sideways disekitaran level 0.75027
  2. Harga bergerak sideways yang kemudian akan bergerak menguat menguji level resistance area sekitar 0.76430

Dari kedua scenario diatas, yang paling memungkinkan adalah scenario 2 dimana adanya kemungkinan harga akan bergerak menguat untuk menguji level resistance di sekitaran level 0.75027. Hal ini mengingat juga momentum pergerakkan melemahnya sudah mulai memudar.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair AUDUSD
Saya pribadi akan wait and see, JIKA harga mulai menembus resistance minor didalam area sideways tersebut saya baru akan menggunakan trend trading strategy  dan/atau sideways trading strategy di timeframe rendah karena jika memang menguat, tidak begitu panjang, karena trend besarnya juga masih menurun dan penguatannya suspect hanya sebagai koreksi.

Analisa Mingguan Pair XAUUSD

Sebagai review dari analisa saya minggu lalu, ternyata market pair XAUUSD minggu lalu bergerak sesuai dengan analisa saya yaitu bergerak melemah sampai dengan level 1291.07.

Untuk satu minggu kedepan saya melihat ada dua scenario yang memungkinkan harga akan bergerak yakni

  1. Harga bergerak terbatas di range 1291.07 – 1307.00
  2. Harga bergerak langsung melemah menuju support di sekitaran level 1268.47

Dari pergerakkan yang terjadi, momentum pelemahan harga sudah mulai terhenti, sehingga untuk satu minggu kedepan yang paling memungkinkan adalah scenario 1 dimana ada kemungkinan harga akan bergerak terbatas di range 1291.07 – 1307.00.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair XAUUSD
Saya pribadi akan wait and see terhadap pair ini, jika memang pada timeframe rendah H1 dan H4 menunjukkan adanya momentum naik maka saya akan menjalankan trend trading dan/atau sideways trading.

Analisa Mingguan Pair EURJPY

Sebagai review analisa saya minggu lalu, maka market pair EURJPY ini ternyata bergerak terbatas dan prediksi saya sedikit meleset dimana saya memperkirakan harga akan bergerak semakin menguat menguji level resistance 131.813 dan ternyata hanya bergerak terbatas dan menolak resistance minor di level sekitaran 131.00. Hal ini disebabkan melemahnya currency EUR dibandingkan dengan currency lainnya.

Untuk satu minggu kedepan, saya mengidentifikasi ada dua buat scenario yang mungkin akan terjadi, yakni

  1. Harga masih bergerak terbatas di range 131.00 – 129.364
  2. Harga bergerak menembus level 129.364 dan lalu menuju level 128.161

Dari kedua scenario yang paling memungkinkan adalah scenario 2 dimana harga akan bergerak melemah dan momentum pergerakkan harga sudah mulai mendukung untuk harga bergerak lebih melemah kembali.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair EURJPY
Saya pribadi akan memilih pair EURJPY ini dan akan menjalankan trend trading strategy yang didapatkan dari timeframe rendah dengan tujuan pertama di level 129.364 dan tujuan kedua di 128.161.

Analisa Mingguan Pair GBPJPY

Sebagai review daripada analisa saya minggu lalu, ternyata market pair GBPJPY berbeda dengan prediksi saya dimana saya memprediksikan GBPJPY akan langsung melemah, ternyata pair ini bergerak menguat. Hal ini disebabkan currency GBP yang tanpa diduga bergerak menguat.

Untuk saat ini currency GBP masih cukup menguat. Dan saya telah mengidentifikasi adanya dua scenario yang akan terjadi, yakni:

  1. Harga akan bergerak menguat menguji level 150.396 yang kemudian bergerak melemah melanjutkan trend menurunnya.
  2. Harga akan bergerak melemah langsung dengan momentum yang kuat juga menembus support 147.696 dan akhirnya menuju support 145.132

Dari kedua kemungkinan scenario pergerakkan harga diatas dengan kondisi pergerakkan harga saat ini, maka scenario yang paling memungkinkan adalah scenario 2 dimana harga masih akan bergerak menguat karena momentum harga bergerak menguat masih ada.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair GBPJPY
Saat ini saya akan wait and see terhadap pair GBPJPY ini, jika memang ada reaksi yang cukup baik yang menentukan bahwa harga akan memantul di level resistancenya pada level 150.396 saya baru akan mencoba untuk mengambil posisi dengan trading strategy sideways strategy terlebih dahulu.

KESIMPULAN AKHIR ANALISA MINGGUAN FOREX (21 – 25 MAY 2018)

Dari seluruh pair dan USD Index yang saya analisa untuk satu minggu kedepan dapat diambil benang merah dan kesimpulan bahwa

  1. USD cenderung akan bergerak melemah
  2. JPY cenderung akan bergerak menguat
  3. EUR cenderung akan bergerak melemah terbatas
  4. GBP cenderung akan bergerak menguat terbatas

Dari prediksi kekuatan currency ini, maka saya pribadi akan memilih pair yang berhubungan dengan currency JPY sebagai pilihan saya terutama pair EURJPY. Selain itu saya akan mengawasi beberapa pair seperti XAUUSD, EURUSD, dan GBPUSD dengan memanfaatkan kemungkinan pelemahan currency USD jika memang confirmed terjadinya pelemahan pada timeframe rendah (m15 – H4).

Demikian yang dapat disampaikan. Semoga analisa dan prediksi mingguan terhadap beberapa pair utama dan cross pair yang terkenal (EURJPY, GBPJPY) bisa membantu anda dalam bertrading satu minggu ke depan.

Tetap disclaimer ON dimana saya tidak bertanggung jawab atas keputusan trading anda. Keputusan trading untuk long buy atau short sell tetap di tangan anda. Saya disini hanya untuk memberikan view analisa pergerakkan untuk satu minggu kedepan (21 – 25 May 2018).

Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung menghubungi saya di telegram (ID: @moerdo) atau bisa komen dibawah.

Good luck…