Semangat pagi teman-teman semuanya…

Sebelum membahas analisa forex mingguan 14 – 18 May 2018 ini, pertama-tama saya ucapkan happy cuan bagi yang mendulang profit pada minggu lalu terutama anda yang berhasil menggunakan strategy trading yang bersifat range trading. Bagi anda yang masih loss karena salah trategy dalam menghadapi market minggu ini, jangan berkecil hati, dan tetap semangat.

Sebagai sharing saja, untuk minggu ini saya pribadi secara akumulasi mengalami loss (hanya saja loss saya sudah terukur dan sesuai dengan plan saya); hal ini karena saya menggunakan strategy trend trading di market yang TERNYATA sebagian besar bergerak ranging atau sideways. Walaupun begitu saya tetap semangat. 😀

Pergerakkan market pada minggu ini akan saya sampaikan pada review per pair yang kemudian dilanjutkan dengan mapping pergerakkan dan prediksi market untuk satu minggu ke depan.

Seperti biasa saya akan mulai dengan USD Index yang dilanjutkan ke pair-pair utama dan diakhir dengan kesimpulan analisa saya untuk satu minggu ke depan beserta dengan pair pilihan saya yang akan saya tradingkan.

Analisa Mingguan USD Index

Pada analisa mingguan USD Index saya minggu lalu, saya perkirakan USD Index akan bergerak melamah, ternyata pada kenyataannya USD Index bergerak terbatas dimana pada awal minggu sempat menguat akan tetapi menjelang akhir minggu melemah kembali. Pada saat penutupan market pada hari Jumat ini, bias dari USD index ini masih menguat.

Bagaimana dengan pergerakkan satu minggu ke depan? jika dilihat pada chart diatas kita bisa melihat seakan-akan USD Index akan bergerak melemah, akan tetapi terlihat harga ternyata “terpentok” dengan support yang didapatkan dari horizontal support dan trendline support. Sehingga menurut saya ada dua kemungkinan atau scenario yang akan terjadi, yakni:

  1. Harga akan bergerak menguat dan lanjut menuju level 93.84 langsung, ATAU (nomor 2)
  2. Harga akan bergerak menguat dan ranging (nomor 1)

Sehingga menurut hemat saya, didalam mapping ini ada kemungkinan USD Index akan cenderung menguat untuk minggu depan, akan tetapi penguatan ini cenderung terbatas pergerakkannya. Dan yang paling memungkinkan dari kedua scenario diatas adalah scenario nomor 1 dimana harga akan bergerak ranging; walaupun begitu tidak menutup kemungkinan setelah bergerak terbatas bisa saja bergerak langsung menguat. menuju level 93.84.

Analisa Mingguan Pair EURUSD

Pada analisa pair EURUSD minggu lalu, saya mengatakan bahwa ada kemungkinan harga bergerak menguat menuju level, ternyata market berbicara lain karena currency EUR yang melemah sehingga menyebabkan pair EURUSD ini bergerak melemah kembali dan menguji support minor.

Menjelang akhir minggu harga mencoba rebound dimana currency EUR menguat yang cukup significant, namun pembalikkan harga ini terbentur dengan resistance 1.19625 yang lebih kuat dibandingkan dengan support 1.1850 yang diuji sebelumnya.

Saya melihat ada tiga scenario pergerakkan pair EURUSD ini untuk satu minggu ke depan, yakni:

  1. Harga akan bergerak terbatas di dalam range antara 1.18500 dan 1.19625 (nomor 1)
  2. Harga langsung akan bergerak menguat menguji level resistance diatasnya lagi di level 1.20712 (nomor 2)
  3. Harga bergerak ranging atau terbatas yang kemudian melemah menuju level 1.17375 yang merupakan level target dari pattern symmetrical triangle yang terjadi pada beberapa minggu sebelumnya. (nomor 3)

Dari momentum yang terjadi di Daily timeframe maka terlihat momentum penurunan harga mulai berkurang atau terbatas, sehingga kemungkinan yang terjadi adalah adanya koreksi yang akan terjadi di pair EURUSD ini pada downtrend-nya, dan jika mengacu kepada scenario diatas maka saya lebih memilih scenario nomor 1 dan 2, sehingga Saya perkirakan EURUSD akan bergerak terbatas cenderung naik.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair EURUSD
Untuk satu minggu kedepan, saya pribadi akan wait and see sampai harga menembus support medium (garis horizontal pendek warna hijau pada chart). Jika harga menembus level tersebut, saya baru akan mengambil posisi dengan strategy trend trading SELL.

Analisa Mingguan Pair USDJPY

Analisa yang saya lakukan terhadap pair USDJPY ini minggu lalu, saya melihat bahwa ada kemungkinan harga akan bergerak melemah minggu ini, ternyata dugaan saya ini tidak disetujui oleh marekt dan market lebih condong lebih menguat akan tetapi penguatannya ini masih bergerak terbatas, dan harga masih diatas trendline up-nya.

Bagaimana dengan minggu depan? saya melihat, trend masih up dan pada hari Jumat lalu, harga mencoba untuk menembus trendline up dan gagal; disini saya mencoba menyusun dua scenario, yaitu:

  1. Harga masih bergerak menguat akan tetapi masih didalam range area disektiaran 110.000.
  2. Harga langsung menguat dan menuju level area resistance tujuan di sekitaran level 110.400 – 111.200.

Melihat momentum yang terjadi pada pergerakkan harga yang terjadi pada minggu ini, maka menurut saya yang paling relevan dari kedua scenario ini adalah scenario nomor 1; harga bergerak menguat akan tetapi cenderung bergerak terbatas dan tidak langsung bergerak menguat.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair USDJPY
Saya pribadi akan wait and see terhadap pair USDJPY ini. Namun jika harga bergerak menuat lebih kuat lagi, saya akan mempertimbahkan masuk dengan strategy trend trading BUY dengan tujuan level 111.200. Pada intinya saya selalu mengambil posisi sesuai dengan trend dan momentum di trend pada daily timeframe.

Analisa Mingguan Pair GBPUSD

Analisa minggu lalu terhadap ini saya memprediksi harga akan bergerak menguat pada mapping pergerakkan harganya. TERNYATA market berbeda dengan apa yang saya prediksikan. Harga ternyata bergerak sideways. Jika dilihat pada timeframe yang lebih kecil ternyata harga membentuk pola pattern broadening wedge, dimana bisa saja harga bergerak membalik atau meneruskan trendnya.

Untuk minggu ini ada tiga scenario yang saya perkirakan, yakni:

  1. Harga masih akan bergerak terbatas di sekitar range 1.35232 – 1.35864.
  2. Harga akan cenderung bergerak menguat menuju area resistance di level 1.37174 – 1.37655.
  3. Harga akan bergerak melemah menuju level 1.33012.

Melihat momentum yang terjadi, sepertinya harga masih akan bergerak terbatas akan tetapi lebih cenderung melemah, sehingga saya cenderung memilih scenario 3 akan tetapi lebih aman jika harga benar-benar breakout kebawah dibawah level support area.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair GBPUSD
Untuk satu minggu ke depan saya akan menggunakan strategy trend trading SELL menuju target 1.33012 JIKA harga berhasil menembus level support. Sebelum menembus level ini saya akan wait and see.

Analisa Mingguan Pair XAUUSD

Analisa saya minggu lalu sesuai dengan pergerakkan harga; hanya saja ternyata harga tidak langsung memantul akan tetapi harga sempat bergerak sideways yang lalu menguji level resistance yang juga neckline dari double top pattern yang terjadi, resistance dari trendline, dan juga resistance dari EMA.

Untuk satu minggu ke depan scenario yang saya perkirakan adalah

  1. XAU akan bergerak melemah dengan pergerakkan yang tidak langsung atau cenderung agak terbatas dan mencoba menembus level 1307.00, ATAU
  2. XAU akan bergerak melemah langsung menembus level 1295.00 juga menuju sekitaran level 1275.00.

Dari momentum pergerakkan harga yang terjadi saat ini belum bisa menggambarkan mana kedua scenario yang bisa dipilih, akan tetapi untuk the worst nya adalah scenario 1, dimana harga akan melemah dan mencoba untuk menembus support  1307.00.

Kesimpulan Analisa Pair XAUUSD
Untuk satu minggu ke depan saya akan memilih pair ini sebagai pair andalan saya dan menjalankan strategy trend trading SELL.

Analisa Mingguan Pair AUDUSD

Pada minggu lalu saya memprediksi pergerakkan pair ini akan langsung menguat, namun market sedikti berkehendak berbeda, karena ternyata harga bergerak langsung melemah terlebih dahulu dan kemudian bergerak naik.

Seperti yang kita bisa lihat pada chart, pada hari Jumat lalu, harga membentuk candlestick pattern pinbar, sehingga menurut saya market reject/menolak beberapa level disitu. Sehingga ada dua kemungkinan scenario yang bisa saja terjadi di minggu depan, yakni:

  1. Harga akan bergerak sideways di range yang besar (area dalam kotak pada chart)
  2. Harga akan bergerak melemah dan menuju support area (0.73683 – 0.73331)

Dari momentum yang terjadi pada timeframe daily maka yang paling memungkinkan adalah pergerakkan harga di scenario 1 dimana harga cenderung bergerak melemah, namun masih terbatas didalam range besarnya.

Sebagai catatan, pair AUDUSD ini cenderung sejalan pergerakkannya dengan pair XAUUSD, sehingga cenderung sama juga pergerakkan jangka pendeknya.

Kesimpulan Analisa Pair AUDUSD
Untuk satu minggu ke depan saya akan wait and see sampai harga benar-benar reject/menolak level 0.75027; dan saya akan menjalankan strategy trend trading sell.

Analisa Mingguan Pair EURJPY

Pada analisa dan prediksi saya minggu lalu, saya memperkirakan harga akan langsung bergerak melemah dan market menyetujuinya sampai dengan support terdekat, dan tidak melanjutkan pelemahan kembali dan harga bergerak memantul.

Untuk minggu depan ada dua kemungkinan scenario yang terjadi, yakni:

  1. Harga akan bergerak terbatas di dalam range yang saya gambarkan kotak pada chart dimana harga akan bergerak sideways naik turun.
  2. Harga akan bergerak menguat lepas dari range terbatas tersebut menuju resistance yang cukup kuat berikutnya di level 131.813.

Dari kedua scenario tersebut, yang paling memungkinkan dari pergerakkan momentum harga maka yang paling memungkinkan adalah scenario 2. karena ada kemungkinan harga akan bergerak koreksi menuju level resistance kuatnya.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair EURJPY
Untuk minggu depan di pair ini, saya tidak akan melakukan action apa-apa sampai ada yang memberikan clue jelas dari pergerakkan harga memantul dari resistance kuat untuk melanjutkan pergerakkan melemahnya. Action saya Wait and See.

Analisa Mingguan Pair GBPJPY

Menurut analisa saya minggu lalu terhadap pair ini harga akan bergerak langsung melemah menuju support level 145.132. Namun dikarenakan adanya penguatan yang terjadi pada currency GBP pada awal minggu, maka terjadi penguatan yang menyebabkan harga bergerak terbatas di minggu ini. Harga juga membentuk pola candlestick fakey bar pattern seperti yang saya berikan didalam kotak (pattern yang disosialisasikan oleh Nial Fuller).

Untuk minggu depan ada dua kemungkinan yang akan terjadi, yakni

  1. Harga akan bergerak di range terbatas sekitar support level 147.696
  2. Harga akan bergerak melemah langsung ke level 145.132.

Dari kedua scenario ini yang paling memungkinan adalah scenario 2 dimana momentum pergerakkan melemah dari pair ini mulai hadir kembali dan ada kemungkinan memberikan momentum yang lebih kuat lagi untuk melanjutkan downtrendnya.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair GBPJPY
Saya pribadi akan menunggu harga benar-benar menembus level 147.696 dan jika memang menembus, saya akan menggunakan strategy trend trading SELL dengan tujuan level 145.132.

Analisa Mingguan Pair EURGBP

Berdasarkan analisa saya minggu lalu untuk pair EURGBP ini, harga diprediksi akan langsung bergerak menguat, ternyata pada awal minggu terjadi penguatan di currency GBP dan akhirnya naik kembali dengan menguat nya currency EUR.

Sehingga untuk satu minggu ke depan saya melihat pair ini akan menguat kembali, hanya saja ada dua scenario yang perkirakan, yakni

  1. harga menguat terbatas
  2. harga menguat tinggi dan langsung menguji target dari pattern inverted head and shoulder di sekitar level 0.89588.

Dari momentum pergerakkan harga yang terjadi dan korelasi dengan pair-pair lainnya, maka scenario yang paling memungkinkan adalah scenario 1 dimana pair EURGBP ini diprediksi akan menguat, akan tetapi penguatannya masih cukup terbatas.

Kesimpulan Analisa Mingguan Pair EURGBP
Untuk pair ini saya analisa bukan untuk mengambil posisi namun saya gunakan untuk analisa lanjutan dan korelasi terhadap pair lainnya seperti EURUSD, GBPUSD, EURJPY, dan GBPJPY. Dari pergerakkan EURGBP untuk minggu depan, saya perkirakan pair yang berhubungan dengan currency EUR akan mulai melemah namun untuk pair yang berhubungan dengan currency GBP akan mulai menguat. 

Kesimpulan Akhir Analisa Mingguan Forex (14 – 18 May 2018)

Dari seluruh pair dan USD Index yang saya analisa dapat diambil benang merah dan kesimpulan bahwa

  1. Currency USD berpotensi menguat akan tetapi cenderung terbatas
  2. Currency JPY berpotensi melemah namun cenderung terbatas pula
  3. Currency EUR berpotensi menguat dibandingkan dengan currency lainnya terutama di awal-awal minggu depan. Penguatan EUR terhadap USD dan JPY bersifat koreksi atau sementara.
  4. Currency GBP berpotensi melemah dibandingkan dengan currency lainnya sehingga pair GBPUSD dan GBPJPY bisa dipertimbangkan.

Dari keempat kesimpulan atas empat currency tersebut, bisa saya dapatkan pair-pair yang menjadi pilihan saya untuk minggu depan, yakni:

Pair XAUUSD, walaupun diprediksi bergerak melemah terbatas. Saya akan menjalan strategy trend trading SELL ketika ada ada perubahan trend dan sinyal di timeframe lebih rendah seperti timeframe H1 dan H4. Saya mengambil kesempatan di pair ini dengan menggunakan mulai melemahnya XAU (Gold) dan mulai menguatnya kembali currency USD.

Pair GBPUSD dan Pair GBPJPY, saya memilih pair ini JIKA harga ada perubahan trend dan sinyal trend trading SELL di pair H4 dan H1 untuk memastikan trend mulai berganti. Saya mengambil kesempatan di kedua pair ini atas melemahnya currency GBP.

Ini adalah plan awal saya. Tidak menutup kemungkinan saya bisa masuk di pair AUDUSD atau bahkan EURUSD jika memang ada sinyal yang sesuai dengan arah trend.

Demikian yang dapat disampaikan. Semoga analisa dan prediksi mingguan terhadap beberapa pair utama dan cross pair yang terkenal (EURJPY, GBPJPY) bisa membantu anda dalam bertrading satu minggu ke depan.

Tetap disclaimer ON dimana saya tidak bertanggung jawab atas keputusan trading anda. Keputusan trading untuk long buy atau short sell tetap di tangan anda. Saya disini hanya untuk memberikan view analisa pergerakkan untuk satu minggu kedepan (14 – 18 May 2018).

Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung menghubungi saya di telegram (ID: @moerdo) atau bisa komen dibawah.

Good luck…